Meski mahkota rambut tertutupi balutan kain, wanita muslimah tetap tampil ayu dan anggun, lho. Berikut sejumlah tips seputar seni berkerudung.

Gaya
Berkerudung pada dasarnya memiliki dua gaya: tengkuk dan dagu. Gaya tengkuk tercipta saat kerudung ditarik ke arah tengkuk lalu sisa kerudung dipakai untuk menutupi area leher.

Gaya ini memungkinkan pipi dan dagu jadi lebih terbuka. Sedangkan gaya dagu adalah sebaliknya, lebih menutupi area pipi dan dagu sebab kerudung ditarik ke arah dagu lebih dulu baru dililitkan ke leher.

Bagi pemilik bentuk wajah panjang, segitiga, dan oval, maka gaya tengkuk merupakan pilihan yang pas. Namun jika bentuknya cenderung bulat dan persegi, maka gaya dagulah yang sebaiknya digunakan.

Bentuk wajah
Wajah bulat atau persegi bisa disiasati dengan mengenakan kerudung yang bersilang di atas kepala atau ber’turban’ untuk menciptakan kesan panjang.

Trik lain adalah dengan mengenakan kalung panjang berwarna kontras. Kesan lonjong bisa juga didapat dengan mengenakan kerudung selongsong di atas kerudung dasar.

Wajah mungil disarankan menggunakan kerudung yang dililitkan ke area tengkuk supaya tercipta kesan wajah lebih besar. Sebaliknya untuk kesan bulat bisa didapat dari selendang beda warna dengan ‘turban’ di dalamnya.

Warna
Pemilihan warna kerudung pastinya juga harus disesuaikan dengan warna busana yang dikenakan. Jika busana itu sendiri sudah memberi kesan ‘ramai’, maka pilihlah kerudung dengan warna netral agar penampilan tak terlalu norak/ ramai.

Kerudung warna putih atau yang berbahan chiffon berkilau bisa membantu menyamarkan wajah lelah dan membuatnya tampak lebih bercahaya. Pemilihan kerudung yang berwarna senada dengan busana mampu menciptakan kesan tubuh tampak lebih tinggi.

Tampilan kerudung bisa lebih semarak bila Anda mengenakan helaian selendang dengan warna berbeda. Anda bisa memilih warna gradasi dari kerudung dasar, atau warna lain yang serasi sebagai pendamping. Meski begitu, sebaiknya Anda tak menggunakan lebih dari 2 warna agar penampilan tak terkesan terlalu berlebihan.

Enggan mengenakan dua helai kain? Pilih saja kerudung dari bahan chiffon dengan warna sembur. Mewah namun simple.

Aksesoris
Dalam membubuhkan aksesoris atau motif tambahan pada kerudung, sebaiknya Anda berfokus pada satu sisi saja. Aksesoris di sana-sini atau pada hampir semua bagian kerudung akan terlihat terlalu ‘ramai’, dan sukar dinikmati keindahannya.

Pemilihan aksesoris warna emas mampu menciptakan penampilan mewah dan bersahaja. Untuk kerudung warna polos bisa tampil lebih menawan jika dipermanis dengan menyematkan 2 bros bersusun. Jika Anda menggunakan jarum pentul sebagai pengunci selendang, pilihlah yang memiliki warna senada.

Selain bros, kalung, atau bahkan jarum pentul, kepala sabuk (buckle) juga bisa diberdayakan sebagai aksesoris sekaligus pengunci tatanan selendang. Cukup sematkan di tempat yang dikehendaki, dan Anda pun siap tampil cantik.

Batik
Ingin mengenakan selendang motif batik? Sebaiknya Anda memilih warna cerah dan yang bahannya ringan seperti chiffon. Lalu, kombinasikan selendang batik dengan kerudung warna polos.

Saat pemakaian, biarkan kerudung polos tetap melekat pada lingkar wajah. Sehingga, wajah tak ‘termakan’ pesona motif batik yang dikenakan.

Mempermanis kerudung dasar juga tak harus dilakukan dengan selendang yang melilit rapat kerudung tersebut. Anda bisa mengenakan kerudung selongsong dengan material ringan plus sebuah bros sebagai kunci yang disematkan di bahu. Mudah bukan? Selamat berkreasi

diambil dari : http://kampungtki.com/baca/18580